5 Cara Membuat Racikan Jamu Stamina Merpati Kolongan

Meningkatkan stamina burung merpati kolong, memang menjadi salah satu hal yang perlu di lakukan oleh para pemelihara burung merpati. Hal tersebut di karenakan, stamina merupakan salah satu kunci kemenangan merpati kolong dalam kontes perlombaan. Karena ia tidak akan cepat lelah ketika ada di ketinggian udara.

Namun masalahnya, masih banyak saja para peternak Merpati yang belum mengerti bagaimana cara meningkatkan stamina merpati tinggian. Padahal hal ini sangat di butuhkan burung merpati ketika berada di ajang perlombaan. Lalu bagaimana Cara menambah tenaga merpati kolong.


5 Cara Mudah Membuat Racikan Jamu Stamina Merpati Kolongan

1. Memperhatikan Jenis Pakan Burung Merpati

Faktor pertama untuk meningkatkan stamina burung merpati, yaitu dengan memperhatikan jenis pakan yang di berikan. Dan dalam hal tersebut, burung merpati kolong sangat membutuhkan sekali jenis pakan berprotein seperti halnya jagung, beras merah, dan juga kacang-kacangan.

Tapi tak hanya itu saja, sebagai seorang peternak kalian juga perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk pemberian pakan, terutama untuk burung merpati balap atau kolong. Dan saran dari kami, pemberian pakan ini sebaiknya harus di lakukan 2 kali setiap pagi serta sore hari.

Pertama hal tersebut tujuannya supaya burung merpati tidak kekenyangan. Dan yang kedua, bertujuan untuk burung merpati mengembalikan stamina merpati setelah terbang latihan atau perlombaan.

2. Melatih Burung Merpati Secara Rutin

Selain memperhatikan jenis pakan, melatih merpati kolong secara rutin ternyata juga bisa meningkatkan staminanya. Tidak hanya itu, proses pelatihan ini juga bisa melatih kecepatan dan kecerdasan merpati jika di lakukan secara baik dan terus menerus. Melatih merpati kolong diusahakan mulai piyik sudah dipasangkan dengan merpati betina atau merpati piyik paham atau sudah jodoh dengan pasanganya. merpati piyik yang dilatih biasanya bulu sayap lar 4 atau 5, merpati piyik mulai dilatih, untuk hasil maksimal merpati piyik akan terlihat sesudah merpati piyik  rampas/ ambrol pertama.

3. Menjemur Burung Merpati Setiap Pagi

Cara meningkatkan stamina burung merpati kolongan selanjutnya, adalah dengan menjemur burung merpati mulai pagi jam 9 sampai jam 11. Hal tersebut bertujuan, agar sinar matahari pagi di percaya mengandung sinar ultraviolet yang dapat mengekstrak pro vitamin D pada burung merpati. Dan juga menjadi vitamin D3 yang sangat penting pada struktur tulang dan daya tahan organ lainnya. Bahkan selain itu, sinar matahari pagi juga bisa membuat sistem metabolisme burung merpati menjadi sangat lancar dan optimal.

4. Memberikan Asupan Suplemen untuk Merpati

Memberikan asupan suplemen tambahan, ternyata juga bisa membantu para peternak Merpati dalam program meningkatkan stamina merpati kolong. Dan para peternak Merpati, umumnya lebih memilih untuk menggunakan suplemen berupa jamu, vitamin, dan ramuan yang mereka beli dari toko ternak ataupun toko online.

Dan beberapa peternak burung, terkadang juga lebih suka menggunakan suplemen yang mereka buat dengan bahan herbal alami. Di antaranya yaitu kuning telur, kunyit, kencur, dan lain sebagainya. Karena mereka menganggap jika suplemen yang di buat sendiri dengan bahan alami, memiliki khasiat yang lebih terjamin, dan juga harganya pun terjangkau. Bahan baham jamu juga bervariasi juga dapat memilih dari yang sederhana sampai bahan jamu import.

5. Memberi jamu, atau vitamin yang bagus untuk merpati kolong. 

Jamu merpati kolong yang bagus dapat diracik sendiri dengan memilih bahan jamu yang diinginkan, jamu merpati akan memaksimalkan stamina merpati kolong, merpati mampu terbang dengan cepat tanpa kehilangan stamina, Dengan jamu merpati giringan juga keket keras, nafas juga tambah panjang.  Vitamin juga perlu diberikan seperti vitamin B komplek yang memberi suplemen agar merpati kondisi sehat. 


Racikan Jamu Stamina Merpati Kolongan  

Untuk membuat jamu bagi burung merpati anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti halnya :

       Kuning Telur ayam kampung atau telur bebek

       Madu lebah hutan atau madu tawon

       Kunyit secukupnya

       Kencur secukupnya

       Temun kunci

       Temu lawak

       Ada juga yang menambahkan umbi rumput teki dalam campuran jamu,

       Sarang lebah yang sudah bersih

       Sarang burung walet yang sudah bersih

 Paling tidak di antara resep di atas yang paling penting harus ada yaitu

       Kuning telur

       Kunyit dan

       Madu

 Racikan Membuat Jamu Kolongan Untuk Merpati

       Pertama Tama kalian cukup Ambil kuning telur ayam kampung atau bebek.

      Selanjutnya barulah tambahkan madu alam murni atau klanceng ke dalam kuning telur dan aduk sampai rata

    Tambahkan juga parutan atau bubuk kunyit pastikan terlebih dahulu halus dan tambahkan pada campuran di atas

      Tambahkan Parutan atau bubuk kencur pastikan juga halus kemudian tambahkan pada campuran di atas

       Anda juga dapat tambahkan bahan lain yang anda miliki seperti di atas.

Seperti itu kiranya Racikan menambah tenaga merpati kolong untuk lomba. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.



JAMU MERPATI KOLONG

JAMU MERPATI CANDI

JAMU MERPATI YOGYAKARTA

 
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama