10 Manfaat Gula Merah Untuk Burung Merpati

Penasaran Apa Saja Manfaat Gula Merah/ gula jawa/ gula aren, Untuk Burung Merpati? Ini Dia Manfaat, Kandungan dan Cara Pemberian Gula Merah Untuk Burung Merpati. 

Gula merah, baik itu yang terbuat dari kelapa maupun aren, ternyata sangat bagus untuk mencegah burung dari kemungkinan terserang berbagai macam penyakit. Anda dapat memberikannya kepada burung sebanyak dua kali dalam kurun waktu seminggu, dengan cara melarutkannya dalam air hangat.

MANFAAT GULA MERAH UNTUK MERPATI

Dari sekian banyaknya manfaat gula merah untuk merpati, membuat bahan ini menjadi salah satu andalan para peternak. Dengan begitu banyak sekali keuntungan yang di dapatkan oleh para peternak dengan adanya jamu dari gula merah ini. Yuk pahami apa saja manfaat gula merah untuk merpati!


Ini Dia Manfaat Gula Merah/ gula jawa/ gula aren Untuk Burung Merpati

Gula merah sebenarnya adalah pakan olahan yang mana memiliki kandungan gizi cukup lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Konsumsi gula merah dapat memperkuat faktor antipatogen atau FAP dan juga faktor pertahanan tubuh.

FAP sendiri adalah lawan dari faktor patogenik (FP), atau faktor-faktor yang bisa menyebabkan burung sakit atau terjangkit penyakit. Bila FAP kalah atau tidak mampu untuk menghadapi FP, maka burung di katakan sakit atau mengalami banyak penyakit. Sebaliknya, jika FAP dapat mengalahkan FP, maka burung dalam keadaan sehat.


Pencegahan Burung Merpati Terserang Penyakit

Untuk mencegah burung merpati supaya tidak sakit atau terserang penyakit, pemelihara atau penangkar harus memperkuat FAP. Salah satunya yaitu dengan pemberian larutan gula merah. Jadi gula merah itu bukan obat untuk menyembuhkan penyakit saja, Namun tindakan atau upaya mencegah penyakit.

Setelah kami kutip dari berbagai macam sumber, kami mendapatkan beberapa informasi bahwa, gula merah ini mengandung beberapa nutrisi. Yang mana hal ini tidak di peroleh pada gula pasir, seperti boron, mangan, nitrogen, dan fosfor. Tidak hanya itu saja, gula merah juga terselip beberapa kandungan nutrisi, yang melebihi gula pasir, di antara lain seperti halnya kandungan zat besi, zinc, kalium, dan magnesium. Dengan sekian banyak kandungan yang ada dalam kandungan gula merah/ gula jawa/ gula aren, sudah pasti hal ini memiliki peran tertentu bagi kesehatan burung merpati. 


Mau tahu apa saja manfaatnya, simak secara langsung penjelasan berikut ini:

1. Membentengi Tubuh Burung Merpati Dari Serangan Penyakit

Pemberian gula merah, ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah adanya burung merpati, dari berbagai macam penyakit yang menyerangnya. Tapi sayang, gula merah ini hanya bisa di gunakan untuk mencegah penyakit, Tidak untuk menyembuhkan penyakit pada merpati itu sendiri.

2. Menjaga dan Menambah  Stamina Burung Merpati

Selain bisa membentengi tubuh, ternyata gula merah juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya stamina burung merpati. Pemberian ini tentu saja sangat cocok untuk di berikan pada burung merpati balap, supaya bisa tampil maksimal di arena.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh Burung Merpati

Mungkin kita sudah sangat mengetahui, jika seluruh pakan yang di berikan pada burung merpati, tujuannya agar merpati bisa menjalani harinya, dengan daya tahan tubuh yang kuat. Tapi para peneliti berpendapat, jika penggunaan gula merah sebagai pakan burung merpati, bisa memberikan gizi yang melebihi pakan umum lainnya.

4. Memperpanjang Nafas Burung Merpati

Para pakar ternak merpati memang sudah banyak yang menjelaskan, jika gula merah ini memang dapat di manfaatkan untuk memperpanjang nafas merpati. Jadi bisa di katakan jika burung merpati bisa terbang lebih jauh dan tinggi

5. MenambahTenaga Stamina Merpati

Manfaat pertama kopi untuk burung Merpati yaitu mampu menambah atau meningkatkan staminanya, entah itu Merpati tinggian atau juga burung Merpati kolong. Stamina atau energi adalah salah satu hal penting yang harus di perhatikan oleh pemilik Merpati, khususnya burung Merpati balap. Karena, jika stamina Merpati tetap terjaga, maka kemungkinan besar mereka juga akan memberikan performa terbaiknya di lapangan.

6. Bahan Jamu Burung Merpati Turun Kenceng Stut Dor

Seperti halnya pada pembahasan sebelumnya, kopi juga seringkali di jadikan sebagai bahan campuran dalam proses pembuatan jamu supaya bermanfaat menambah tenaga stamina Merpati turun kenceng. Terlebih lagi di dalam kopi sendiri mengandung beberapa protein yang akan membantu membuat menjaga supaya energi Merpati tetap terjaga dan tidak gampang terkuras/ tidak gampang lelah.

7. Kesehatan Kulit dan Bulu: Kandungan mineral dan antioksidan dapat berkontribusi pada kesehatan kulit dan bulu merpati.

8. Serat: Meskipun dalam jumlah kecil, gula merah mengandung serat yang dapat membantu pencernaan dan kesehatan usus merpati.

9. Energi Cepat: Gula merah mengandung glukosa dan sukrosa, yang memberikan sumber energi cepat untuk merpati untuk terbang.

10. Vitamin B: Gula merah dapat menyediakan beberapa vitamin B, yang penting untuk metabolisme dan fungsi saraf merpati. Merpati akan pintar dalam perlombaan.


Kandungan Zat Kimia Gula Merah/ Gula Jawa/ Gula Aren,

Gula merah mengandung zat makro dan mikronutrien lebih banyak dari  gula putih. Gula merah mengandung senyawa Mikronutrien sebagai berikut: Thiamine (vitamin B1), Riboflamin (Vitamin B2), Garam Mineral, Nicotinic Acid (vitamin B3), Ascorbic Acid (Vitamin C), Cyanocobalamin (Vitamin B12), Pyridoksin (Vitamin B6)

Kandungan Gula merah tersebut manfaatnya bagus untuk burung merpati, banyak mineral senyawa gula merah. Gula merah yang asli tanpa campuran zat kimia dalam proses pembuatanya berguna bagi manusia serta gula merah juga bagus diberikan untuk merpati.


Cara Pemberian Gula Merah Untuk Burung Merpati

1. Pilihlah Gula Merah yang asli, sekarang banyak gula merah yang tidak asli karena proses pembuatanya dicampur bahan lain.

2. Butir seperti bulatan sebesar kacang tanah, jangan terlalu besar karena merpati memiliki paruh yang kecil.

3. Berikan butir gula merah sebelum merpati terbang, beriikan sekitar jam 7 atau jam 8.

4. Berikan butir gula merah dengan pelan serta hati hati, cara pemberianya seperti memberi butir jamu merpati.


KESIMPULAN

Kesimpulan dari MANFAAT GULA MERAH UNTUK MERPATI, baik yang terbuat dari kelapa maupun aren, memiliki sejumlah manfaat bagi burung merpati. Beberapa manfaat utama meliputi:

  1. Pencegahan Penyakit: Gula merah dapat membentengi tubuh burung merpati dari serangan penyakit dan memperkuat faktor antipatogen (FAP) serta faktor pertahanan tubuh.
  2. Meningkatkan Stamina: Pemberian gula merah dapat menjaga dan meningkatkan daya stamina burung merpati, terutama yang digunakan untuk balap.
  3. Memperpanjang Nafas: Gula merah dapat membantu memperpanjang nafas burung merpati, memungkinkan mereka terbang lebih jauh dan tinggi.
  4. Menambah Tenaga Stamina: Gula merah dapat menambah tenaga stamina burung merpati, membantu mereka memberikan performa terbaiknya di lapangan.
  5. Kesehatan Kulit dan Bulu: Kandungan mineral dan antioksidan dalam gula merah dapat berkontribusi pada kesehatan kulit dan bulu merpati.
  6. Sumber Energi Cepat: Gula merah mengandung glukosa dan sukrosa, memberikan sumber energi cepat untuk burung merpati terbang.
  7. Vitamin B: Gula merah menyediakan beberapa vitamin B, penting untuk metabolisme dan fungsi saraf merpati.
  8. Kandungan Zat Kimia: Gula merah mengandung zat makro dan mikronutrien seperti thiamine, riboflamin, garam mineral, nicotinic acid, ascorbic acid, cyanocobalamin, dan pyridoxin.

Dengan demikian, gula merah dapat dianggap sebagai tambahan nutrisi yang penting untuk kesehatan dan performa optimal burung merpati, terutama jika diberikan dengan tepat dan dalam jumlah yang sesuai. Seperti itu kiranya Manfaat, Kandungan dan Cara Pemberian Gula Merah/ gula jawa/ gula aren, Untuk Burung Merpati  Semoga bermanfaat bagi anda semuanya ya sahabat!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama