Penggunaan jamu merpati atau obat (doping) sering dikhawatirkan merusak organ tubuh merpati, terutama organ hati merpati. Organ hati/ lever merpati yang paling utama dan paling banyak diketahui adalah sebagai organ penyaring racun, atau sebagai organ yang melakukan detoksifikasi. Organ hati/ lever berperan dalam mengeluarkan zat-zat berbahaya/ racun dalam darah, seperti obat-obatan atau doping yang digunakan meningkatkan stamina merpati.

Jamu herbal yang dicampur zat kimia dalam pembuatanya yang berakibat merusak hati, kalau jamu/ herbal dalam penelitian tidak berakibat merusak hati/ lever. Merpati diberi doping obat zat kimia, hal itu didalam tubuh akan bereaksi sesuai manfaat doping tersebut, seperti meningkatkan stamina merpati, meningkatkan keket giring merpati. Dalam reaksi kimia dalam tubuh merpati, zat kimia akan larut dalam darah, dan hati berperan menyaring racun atau mengeluarkan zat berbahaya dalam doping tersebut. Konsumsi doping untuk merpati dalam jangka panjang akan merusak organ hati, bila doping diberikan tiap hari maka kerja hati juga lama lama kelelehan berakibat rusaknya organ hati.

Bagaimana cara memulihakan stamina bekas doping untuk burung merpati, akibat doping merpati berakibat hati /lever merpati kondisi sakit. Rusaknya organ hati dalam tubuh merpati terlihat merpati akan korut, daging kenyal tidak lentur, otot otot kaku, bulu kasar. Stamina terbang merpati akan turun, reproduksi menurun/ tidak bisa menetas telurnya. Cara memulihkan stamina bekas doping dengan pemberian jamu terutama rempah jamu Temu Lawak, terbukti temu lawak bisa memperbaiki organ tubuh hati/ lever yang rusak.

Dalam penelitian  Ir. R. Syamsul Hidayat M.Si peneliti konservasi tumbuhan obat Kebun Raya Bogor, LIPI di Bogor. Dia mengaku pernah terserang hepatitis. Setelah rutin mengkonsumsi temulawak, penyakitnya menghilang.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Divisi Hepatologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM Irsan Hasan mengatakan, temulawak memang bisa memberikan proteksi bagi organ hati, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Temu Lawak telah terbukti bisa mengobati merpati yang sakit organ hati/ lever. Temu Lawak juga bisa sebagai Jamu Pemulih Stamina Merpati.  Produksi jamu merpati dari kami juga menggunakan temu lawak sebagai jamu istirahat. Berikan jamu angrem /istirahat selama minggu angrem, berikan 2 butir tiap malam atau 3 kali seminggu.

Jamu Angrem bobot 200 gram harga 50 ribu + (belum) biaya kirim.
Campuran jamu angrem Jamu Istirahat : kapulogo, pegagan, kunyit, temu lawak, kayu manis, daun sirsat, daun kelor.

Dengan campuran temu lawak dalam jamu angrem, akan mengeluarkan racun dalam tubuh merpati, bila kita menggunakan obat/ doping merpati, maka penggunaan jamu angrem sangat berguna untuk mengeluarkan zat kimia yang berbahaya dalam doping yang diberikan. Doping merupakan zat kimia yang pada dasarnya bereaksi/ larut dalam darah merpati dengan tujuan untuk meningkatkan stamina merpati, Kami produksi jamu angrem dengan campuran temu lawak dll, akan membantu metabolisme merpati, perlindungan kesehatan organ hati merpati, tanpa kawatir menumpuknya larutan zat kimia dalam darah.



Campuran tersebut telah terbukti menyehatkan merpati selama minggu angrem, organ hati yang baik, otot otot lentur, daging yang empuk serta bulu yang halus, merpati dalam kondisi fit. Jamu Pemulih Stamina Merpati atau jamu angrem/ jamu istirahat menggunakan temu lawak. Selanjutnya sehabis minggu angrem, merpati akan giring pada minggu giring dan diberikan jamu terbang. Cara pakai jamu terbang: diberikan selama minggu giringan, malam minggu/cabut telur 2 - 5 butir,  malam rabu sampai malam minggu 2 - 5 butir.

Lebih baru Lebih lama