Cara Membuat Jamu Merpati Glintiran

Cara Membuat Jamu Glintiran untuk Merpati dari Serbuk Jamu Merpati Campuran 17 Rempah

Pendahuluan

Merpati merupakan salah satu burung yang sering dijadikan hobi bagi banyak orang. Agar merpati dapat tetap sehat dan memiliki performa yang baik, penting untuk memberikan perawatan yang tepat, termasuk memberikan jamu yang berkualitas. Salah satu jenis jamu yang populer untuk merpati adalah jamu glintiran, yang terbuat dari campuran 17 rempah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat jamu glintiran untuk merpati dari serbuk jamu merpati campuran 17 rempah.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat jamu glintiran untuk merpati. Berikut ini adalah daftar bahan yang Anda butuhkan:

  1. Serbuk jamu merpati campuran 17 rempah
  2. Madu Asli atau Madu Klanceng 10 sendok makan
  3. 6 - 9 kuning telur bebek
  4. Mangkok wadah untuk mencampur
  5. Sendok pengaduk
  6. Botol plastik untuk menyimpan glintiran/ butir jamu

Cara Membuat Jamu Glintiran

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat jamu glintiran untuk merpati dari serbuk jamu merpati campuran 17 rempah:

Langkah 1: Menyiapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan serbuk jamu merpati campuran 17 rempah. Pastikan serbuk jamu yang Anda gunakan berkualitas tinggi dan sudah terjamin kebersihannya.

Langkah 2: Mencampur Madu Asli dengan Kuning Telur Bebek.

Tuangkan madu 10 sendok makan dicampur 6 kuning telur, aduk secara merata. Kemudian tuangkan serbuk jamu selanjutnya aduk adonan kalis rata basah usahakan adonan seperti gethuk.

Langkah 3: Glintiri adonan jamu merpati sebesar kacang tanah. Selanjutnya butiran jamu merpatii disangrai dengan Loyang, panaskan dengan api sedang, sesering mungkin diayak agar matang merata.

Langkah 4: Menyimpan dalam Botol Kaca

Simpan butiran jamu dalam botol, beri silica gel agar tidak jamur. Pastikan botol tersebut benar-benar steril agar jamu tetap segar, tidak jamur dan tidak terkontaminasi.

Langkah 5: Pemberian Jamu kepada Merpati

Jamu glintiran dapat diberikan kepada merpati  berikan 2 – 5 butir, berikan 2 butir pada malam bongkar telur, selanjutnya berikan 2 butir pada malam rabu/ kamis sampai malam miinggu.

JAMU MERPATI CANDI

CARA PRAKTIS MEMBUAT JAMU GLINTIRAN

CUKUP 30 MENIT KITA MENDAPATKAN 350 BUTIR JAMU MERPATI YANG BERKUALITAS

  • 1.      Siapkan 2 kuning telur bebek
  • 2.      Madu Asli 3 sendok
  • 3.      Satu sendok kopi asli
  • 4.      JAMU MERPATI CANDI serbuk jamu campuran 17 rempah

Cara Membuat Jamu Glintiran sangat sederhana, campurkan 2 kuning telur bebek dengan 3 sendok madu asli, aduk merata kemudian campur dengan 1 sendok kopi asli serta campur dengan serbuk JAMU MERPATI CANDI 4 -5 sendok makan. Adonan usahakan rata basah atau kalis seperti getuk. Lakukan glintiran adonan jamu/ butiri sebesar kacang tanah. Menurut pengalaman proses glintiri jamu sekitar 30 menit, jangan lupa butran jamu merpati yang sudah diglintiri dijemur 3 hari atau sangrai dengan Loyang serta panaskkan dengan api sedang, diayak agar matang merata.

Cara Membuat Jamu Merpati Glintiran

Catatan Penting:

  1. Pastikan jamu yang Anda berikan telah diukur dengan benar sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk merpati Anda. Jangan memberikan terlalu banyak jamu karena dapat membahayakan kesehatan merpati.
  2. Simpan jamu glintiran dalam tempat yang sejuk, kering, dan terkena sinar matahari karena agar tidak jamur.
  3. Konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli merpati jika Anda memiliki kekhawatiran terkait kesehatan merpati anda atau dosis jamu yang tepat.

Kesimpulan

Membuat jamu glintiran untuk merpati dari serbuk jamu merpati campuran 17 rempah adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan dan kinerja merpati anda. Pastikan selalu menggunakan bahan yang berkualitas dan menjaga kebersihan selama proses pembuatan jamu. Selalu perhatikan dosis yang tepat dan konsultasikan dengan ahli merpati jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran terkait perawatan merpati anda. Dengan perawatan yang baik, merpati Anda akan tetap sehat dan Stamina bagus.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama