9 Manfaat Merica Untuk Merpati (Cara Menggiringkan Merpati Dengan Merica)

Burung menjadi salah satu binatang yang banyak sekali ragamnya, banyak jenis burung di dunia ini. Bahkan di negara Indonesia sendiri memiliki hampir lebih dari 10 jenis burung merpati. Burung merpati ini biasanya di jadikan binatang peliharaan, untuk lomba bagi mereka yang menyukai atau mencintai burung merpati.

M E R I C A

Sama halnya seperti hewan kucing, burung pun bisa juga di jadikan sebagai binatang peliharaan bagi mereka yang memiliki hobi dan cinta akan binatang terutama burung. Untuk itu dari semua para pencinta burung merpati  tentu harus tau makan-manakan yang memiliki banyak khasiat untuk burung merpati itu sendiri. Adapun salah satu dari berbagai bahan jamu yang di anggap paling baik untuk burung merpati yaitu merica. Taukah kalian ? jika merica selain di gunakan untuk meghangatkan tubuh bagi manusia, bahan ini pun memiliki banyak manfaat untuk burung terutama burung merpati. Adapun beberapa manfaat merica untuk merpati yaitu sebagai berikut.

Zat zat kimia dalam bahan jamu merica terkandung sekitar 7 kalori dan beberapa nutrisi penting, seperti:: protein, Serat, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor serta kalium. Kandungan vitamin merica seperti vitamin A, B1, B2, B6, K serta senyawa antioksidan, antibakteri juga antiperadangan. Zat kimia dari bahan jamu herbal ini sangat bermanfaat untuk merpati, zat zat yang tidak berbahaya atau merusak tubuh merpati karena asli bahan jamu herbal. 

Ini Dia 9 Manfaat Merica Untuk Merpati

1. Manfaat merica untuk merpati yang pertama yaitu Peredaran Darah Menjadi Lancar. 

Pada dasarnya burung pun seperti manusia, ia memiliki darah untuk kehidupan, sehingga burung pun memerlukan berbagai ramuan untuk membuat peredaran darahnya menjadi lancar. Dengan lancarnya peredaran darah pada burung merpati tentu akan membuat burung menjadi tampak lebih sehat, tambah keket giringnya, juga stut tambah los dor.

2.      Menghangatkan tubuh merpati

Layaknya seperti manusia, burung pun merupakan makhluk hidup, dimana ia juga merasakan rasa panas dan rasa dingin, oleh karena itu merica ini sangat efektif pula jika dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh burung merpati. Cara yang dapat dilakukan untuk menghangatkan burung merpati kolong  degan merica ini pun sangat mudah.

 3.    Membuat Merpati Menjadi Rajin

Beberapa pemelihara burung tentu memiliki tujuan mengapa ia memelihara burung, tak terkecuali mereka yang memelihara burung merpati, tentu ia menginginkan burungnya selalu terus manggung, karena suaranya yang merdu sehingga sangat enak untuk di dengar. Ada kalanya burung menjadi malas dan burung pun staminanya tidak maksimal, namun tidak perlu khawatir karena dengan adanya merica ini dapat membantu burung merpati tambah staminnya..

 4.    Meningkatkan Kekebalan Tubuh merpati

Manfaat tak terduga dari merica bagi kesehatan burung salah satunya adalah merica ternyata dapat digunakan untuk mengatasi dan memperkuat kekebalan tubuh pada burung merpati, hal ini tentu akan membuat burung merpati lebih sehat dan lebih lama untuk bertahan hidup dari pada burung merpati yang tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik.

 5. Meningkatkan Stamina merpati

Selain menjaga kekebalan tubuh yang baik, manfaat dari merica adalah ia mampu untuk mengatasi dan menambah stamina bagi burung yang mengkonsumsi merica tersebut untuk menambah stamina.

6. Metabolisme
merpati tubuh Lebih baik

Metabolisme tubuh sangat dibutuhkan oleh burung dan manusia, bahkan semua makhluk hidup membutuhkan metabolisme tubuh yang baik agar tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu salah satu yang harus dilakukan untuk menjaga metabolisme tubuh adalah dengan cara memberikan merpati yang anda pelihara dengan merica. Karena merica sangat efektif untuk menambah metabolisme tubuh.

7. Birahi merpati Meningkat

Birahi merupakan kesiapan fisik dalam hal seksualitas. Memang selain manusia, hubungan seksualitas hampir dilakukan oleh semua makhluk hidup. Tak terkecuali burung merpati. Maka dari itu bagi merpati perlu pula diberikan merica agar fisik dan mentalnya menjadi kuat dalam melakukan hubungan seksualitas.

8. Piperine:

Piperine adalah senyawa yang memberikan rasa pedas pada merica/ lada hitam. Senyawa ini telah diketahui memiliki beberapa sifat bermanfaat, seperti:

  • Peningkatan Penyerapan Nutrisi: Piperine telah dikaitkan dengan peningkatan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Bagi merpati, ini dapat membantu dalam penyerapan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan dan perkembangan mereka.
  • Antiinflamasi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa piperine memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada merpati.
  • Stimulasi Pencernaan: Lada hitam dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus. Ini dapat mendukung kesehatan sistem pencernaan merpati.

9. Flavonoid dan Antioksidan:

Merica/ Lada hitam juga mengandung flavonoid dan antioksidan, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Flavonoid dan antioksidan memiliki potensi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.


MERICA BAHAN JAMU MERPATI


CARA MENGGIRINGKAN MERPATI DENGAN MERICA

  1. Pilihlah Merica Berkualitas Tinggi: Pastikan merica yang digunakan adalah merica kering berkualitas tinggi untuk memastikan efektivitasnya dalam membantu proses penggiringan merpati.
  2. Berikan Merica secara Merata: Saat memberikan merica, pastikan untuk meratakan pemberian merica ke seluruh bagian paruh merpati. Hal ini dapat memaksimalkan respons burung terhadap rangsangan merica.
  3. Perhatikan Kondisi Kandang: Pastikan kandang burung merpati terjamin kegelapannya saat penyimpanan. Keadaan gelap ini memberikan ketenangan kepada merpati dan membantu menciptakan suasana yang tepat untuk menggiringkan merpati.
  4. Konsistensi dalam Pelaksanaan: Lakukan proses ini secara konsisten, tidak hanya satu kali. Pemberian merica dan pengaturan kondisi kandang yang gelap sebaiknya dilakukan dalam beberapa sesi untuk hasil yang lebih optimal.
  5. Amati Respons Burung: Perhatikan respons burung terhadap pemberian merica dan perubahan kondisi kandang. Apakah merpati menunjukkan tanda-tanda peningkatan keaktifan dan ketertarikan terhadap pasangannya? atau apakah merpati giring keras atau belum.
  6. Patuhi Waktu Pemberian: Jaga waktu pemberian merica dan durasi penyimpanan merpati di kandang gelap sesuai dengan petunjuk. Kesesuaian waktu ini dapat memengaruhi efektivitas proses penggiringan.
  7. Lakukan Pemantauan Rutin: Setelah proses penggiringan, lakukan pemantauan rutin terhadap tingkah laku merpati. Apakah merpati menunjukkan giring yang bagus atau peningkatan dalam perilaku kawin atau perkembangan hubungan dengan pasangannya?

Dengan merawat burung merpati dengan baik tentu saja akan membuat kalian banyak sekali mendapatkan keutungan. Tidak hanya baik untuk kesehatan burung merpati itu sendiri, melainkan juga sangat baik pada saat akan di jual lagi oleh kalian. Karena burung merpati yang sehat tentu saja akan laku dengan harga yang sangat mahal.

Manfaat merica juga sangat banyak, stamina Merpati juga maksimal, giringan tambah maksimal, nafas Merpati juga bagus, demikian Manfaat Merica untuk Merpati, pembaca tentu bisa mengambil manfaatnya untuk Merpati kesayangannya. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama