5 Manfaat Lengkuas Untuk Merpati Kolong, Merpati balap

Lengkuas ternyata kaya akan manfaat kesehatan untuk merpati Lengkuas atau Laos selama ini menganggap tanaman nama ilmiah Alpona galangal (L.) Swartz tersebut berguna sebagai bumbu masak Sejak Jaman dahulu lengkuas telah dimanfaatkan juga oleh masyarakat Indonesia sebagai obat sejak dulu.

Cara Membuat jamu dan Resep jamu merpati untuk stamina dengan menggunakan Lengkuas, Manfaat lengkuas/ laos untuk merpati sangatlah banyak. Cara Membuat jamu dan Resep jamu merpati untuk stamina simak selengkapnya lebih dalam tentang Cara Membuat jamu dan Resep jamu merpati untuk stamina dengan menggunakan bahan jamu lengkuas.Apakah Anda tahu bahwa lengkuas  tidak hanya bermanfaat untuk manusia, tetapi juga untuk burung merpati? Lengkuas  memiliki banyak khasiat untuk meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh merpati. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih jauh manfaat lengkuas  untuk merpati, cara penggunaannya, dan memberikan resep jamu yang dapat dikombinasikan dengan lengkuas yang dapat membantu meningkatkan giringan keras merpati.

LENGKUAS/ LAOS

Kandungan kimia lengkuas Balitbangkes Kemenkes pada 2011, tanaman lengkuas yang digunakan adalah umbinya/ Rimpang lengkuas tersebut mengandung minyak atsiri lebih kurang 1 persen sehingga lengkuas ini bagus untuk menambah giringan merpati dengan kandungan senyawa atsiri didalam lengkuas.  Kamfer Sineol Asam metal sinarmat Minyak atsiri ini akan muncul jika rimpang lengkuas diolah secara benar.Lengkuas juga mengandung senyawa kimia, berikut ini: Minyak terbang Eugenol Seskuiterpen Pinen Metil sinamat Kaemferida Galangan Galangol Kristal kuning


Manfaat lengkuas senyawa kimia yang dikandung, lengkuas pun dianggap memiliki sejumlah manfaat untuk merpati. Berikut beberapa di antaranya:
  1. Menambah giring keras merpati
  2. Lengkuas dapat dimanfaatkan sebagai memperlancar reproduksi.
  3. Membangkitkan nafsu makan
  4. Mengobati otot terbang yang cidera
  5. Mengatasi merpati yang sakit atau pernafasanya kurang lancer, lengkuas ternyata bisa untuk menambah panjang nafas merpati.

Secara pengalaman , Laos atau lengkuas sebenarnya bagus digunakan untuk bahan jamu merpati tingggian atau kolong. Campuran jamu yang kita racik, terdiri dari 10 atau sampai 20 macam campuran. Dengan menggunakan tambahan lengkuas, campuran jamu kita akan menjadi satu racikan yang bagus untuk merpati kolong, balap serta tinggian, bahan bahan jamu yang bersifat panas, seperti: Laos, Kencur, jahe, dll sebenarnya sangar bagus untuk memaksimal energy merpati terbang. Menurut pengalaman Campuran jamu yang menggunakan bahan bahan tersebut dikatakan dengan istilah JAMU PANAS. Campuran ini bisa memaksimalkan manfaat jamu merpati yang kita racik lebih maksimal.

Berikut adalah resep jamu menggunakan lengkuas yang dapat digunakan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh burung:

  • Bahan-bahan: purwoceng, pegagan, temu kunci, kunyit, temulawak, umbi rumput teki, pasak bumi, ginseng, lengkuas merah, daun sendok, tapak liman, kopi asli, sarang burung walet, madu asli, dan telur bebek.
  • Jamu terbagi menjadi dua jenis: jamu dingin/ jamu angrem/ jamu istirahat dan jamu panas.
  • Jamu dingin diberikan pada hari pertama dan hari ketiga, sore hari.
  • Komposisi jamu dingin/ jamu angrem/ jamu stirahat terdiri dari: Rempah-rempah Jamu Istirahat Merpati terdiri dari: Teki, Kunyit, Kulit Manggis, Kunyit putih, Temu lawak, Temu kunci, Temu ireng, Kapulogo, Binahong
  • digelintir dan dijemur hingga kering. Setelah itu, jamu dimasukkan ke dalam toples yang diberi silikon gel untuk mencegah jamur.

Dengan manfaatnya yang luar biasa,  telah menjadi bahan yang populer di kalangan pemain merpati untuk meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh burung. Dengan memberikan secara tepat dan mengikuti resep jamu yang tepat, Anda dapat membantu merpati Anda mencapai performa yang optimal dalam lomba, menjaga kesehatannya secara keseluruhan. Demikian artikel singkat tentang manfaat jahe untuk merpati ini semoga membawa banyak manfaat bagi anda para pecinta burung merpati Terima kasih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama